Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholawat Al-Busyro, Habib Segaf bin Hasan Baharun: Teks, Terjemah dan Manfaat



Sholawat Al-Busyro, Sholawat Busyro, sholawat habib Segaf Baharun, Sholawat ustadz Segaf Baharun


Sholawat Al-Busyro, Habib Segaf bin Hasan Baharun - .Sholawat Busyro adalah sholawat yang mendapat ijazah langsung dari Rasulullah Saw agar siapapun yang rutin membacanya senantiasa mendapat busyro atau kabar menggembirakan.

Sholawat ini disampaikan dan dipopulerkan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun. Beliau adalah seorang ustadz, da'i dan juga mudir/pimpinan pondok pesantren Darullughah Wadda'wah Putri. Beliau juga salah satu putra dari Habib Hasan bin Ahmad Baharun, penyusun sholawat tolak bala (lidaf'il bala') dan pendiri pondok pesantren Dalwa, Bangil, Jawa Timur.

Cerita di Balik Sholawat Al-Busyro

Mengenai asal muasal adanya sholawat Busyro, Habib Segaf Baharun pernah bercerita bahwa pada tahun 2016, tepatnya di malam 10 Muharrom (Hari Asyuro) salah satu putra dari Habib Hasan Baharun ada yang bermimpi bertemu Rasulullah SAW. 

Di dalam mimpi tersebut Rasulullah SAW mengajarkan sebuah sholawat kalimat perkalimat kepada beliau beserta keutamaan dan cara mengamalkannya.

Bangun dari mimpi yang merupakan kabar gembira itu, beliau langsung ingat dan hafal sholawat yang diajarkan oleh Rasulullah tersebut yang kemudian diberi nama Sholawat Al-Busyro atau Sholawat Busyro yang berarti Sholawat Kabar Gembira.

Sholawat Al-Busyro, Sholawat Busyro, sholawat habib Segaf Baharun, Sholawat ustadz Segaf Baharun

Keutamaan Sholawat Al-Busyro

Habib Segaf Baharun atau yang biasa disapa Ustadz Segaf menceritakan bahwa Rasulullah berkata dalam mimpi itu barang siapa yang mengamalkan sholawat ini sebanyak 41 kali setelah sholat subuh, maka fadilah dan keutamaannya sama seperti membaca surah Yasin 41 kali dalam terkabulnya segala hajat dan keinginan.

Keutamaan membaca Yasin 41 kali sendiri sangatlah masyhur di kalangan santri dan penuntut ilmu. Membaca surat Yasin 41 kali sangat mujarab untuk menjadi wasilah untuk terkabulnya hajat, dimudahkan urusan dan melapangkan segala macam kesulitan.

Ustadz Segaf Baharun menerangkan bahwa sholawat ini merupakan bentuk rasa syafaqoh (sayang) Rasulullah SAW kepada ummatnya yang hidup di akhir zaman. Dimana cukup dengan meluangkan waktu beberapa menit saja untuk membaca sholawat Busyro setelah sholat subuh insyallaah akan ada banyak kabar gembira yang akan datang pada hari itu.

Manfaat Sholawat Al-Busyro

Diantara manfaat membaca sholawat Busyo adalah sholawat ini sangatlah mujarab untuk :

  • Keluarga sakinah (harmonis)
  • Anak yang sholeh dan taat pada orang tua
  • Rukun antar saudara
  • Dunia dan harta yang melimpah 
  • Segala hajat dan keinginan tertunaikan 

Cukup dengan istiqamah dan rutin membaca sholawat ini paling tidak selama 3 bulan saja, insyaallah semua harapan-harapan itu akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Teks, Bacaan Latin dan Terjemahan Sholawat Al-Busyro

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرٰى صَلاَةً تُبَشِّرُنَا بِهَا وَ أَهْلَنَا وَ أَوْلَادَنَا وَ جَمِيْعَ مَشَائِخِنَا وَ مُعَلِّمِيْنَا وَ طَلَبَتَنَا وَ طَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هٰذَا اِلٰى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

"Allahumma sholli wa sallim 'ala sayyidina Muhammadin shohibil busyro sholatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii’a masya’ikhinaa wa mu'allimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min yaumina hadzaa ilaa yaumil akhiroh."

"Ya Allah limpahkanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad Sosok Pembawa Kabar gembira, dengan sholawat yang dengannya Engkau memberikan kabar gembira untuk kami, keluarga kami, anak-anak kami, dan seluruh masyayikh (guru-guru) kami, murid-murid/santri kami, santriwati kami, dari sejak hari ini hingga hari akhir nanti."

Catatan :

Manakah yang benar antara kalimat مشائخ atau مشايخ? 

Setelah bertanya langsung kepada Habib Segaf Baharun beliau menjawab bahwa kalimat مشائخ dalam sholawat Busyro itu menggunakan hamzah (مشائخ), bukan ya' (مشائخ). Terlepas kalimat mana yang paling tepat dalam bahasa Arab, khusus untuk sholawat Busyro kita cukup mengamalkan sesuai apa yang disampaikan oleh sang pemberi ijazah.

Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad berkata :

و سلم لأهل الله في كل مشكل # لديك لديهم واضح بالأدلة

"Dan serahkanlah kepada para kekasih Allah dalam setiap hal yang musykil (susah) # bagimu, (karena yang musykil itu) bagi mereka adalah hal yang begitu jelas dengan agrumen yang kuat."

Demikianlah teks, bacaan latin, terjemah dan manfaat sholawat Al-Busyro, Habib Segaf bin Hasan Baharun.

Baca juga :

- Keutamaan Sholawat Nariyah

- Sholawat Tolak Bala, Habib Hasan Baharun

Semoga bermanfaat.

Hanif Firdaus Bsc, Alumni Al-Ahgaff University, Hadramaut, Yaman.

Taklim Santai
Taklim Santai Platform Belajar Ilmu Fiqih Wanita dan Kajian Online Khusus Muslimah

Posting Komentar untuk "Sholawat Al-Busyro, Habib Segaf bin Hasan Baharun: Teks, Terjemah dan Manfaat "